Pages

Tuesday, October 13, 2009

Tips Bisnis Online

Beberapa tips agar sukses dalam berbisnis Online

Content/Isi
Yang dimaksud dengan content adalah isi dari situs/blog yang kita buat. Ini adalah hal utama dalam kesuksesan Anda dalam berbisnis online. Sesuaikan content Anda dengan bisnis yang ingin Anda tekuni.
Anda tetap harus membuat sebuah situs yang memiliki content yang menarik dan bermanfaat. Ini akan menjadi kesan pertama bagi orang saat melihat situs Anda. Hal ini pada akhirnya akan membuat mereka percaya kepada Anda dan mau membeli atas rekomendasi Anda (jika Anda menjual barang), dan juga akan membuat mereka kembali lagi menuju situs Anda.

Memberi
Posisikan diri Anda sebagai pengunjung website. Situs apa yang paling Anda sukai? Pasti yang paling anda sukai adalah situs yang menarik dan memberikan manfaat bagi Anda, bukan?
Situs-situs paling sukses: Google.com, Yahoo.com, Detik.com, sukses karena konsep utama website mereka adalah MEMBERI. Mereka memberikan hal-hal yang diinginkan dan menarik buat pengunjung.
Karena itu isilah website Anda dengan hal-hal menarik dan bermanfaat untuk pengunjung.

Kepercayaan
Internet adalah dunia yg sangat rawan dengan penipuan. Setiap orang bisa jadi apa saja, tanpa diketahui identitas aslinya. Pada kenyataannya dalam bisnis online berlaku rumus barang dapat dikirim setelah dana diterima atau ditransfer oleh penjual. Bila rumus itu dilanggar, maka bisnis online Anda hanya tinggal menunggu waktu untuk hancur.
Maka kepercayaan menjadi sangat penting.
Bagaimana Membangun Kepercayaan dalam Bisnis Online?
Tunjukkan Identitas Anda dengan jelas. Sediakan fasilitas chatting, atau minimal ID yahoo mesengger Anda. Bila si pengunjung berhasil berbicara langsung dengan Anda disitulah kepercayaan mulai tumbuh.
Bergaul di dunia maya, aktiflah di mailing list, komunitas blog dll, semakin anda dikenal, kepercayaan publik juga akan meningkat.

Bersahabat dengan Search Engine, khususnya Google
Banyak artikel menarik dan sering diupdate merupakan hal positif untuk promosi situs Anda.
Hampir sebagian besar pengunjung situs, umumnya berasal dari google, dari pencarian kata kunci tertentu di google, lalu situs Anda muncul.
Jadi bila situs Anda ngetop di google, maka secara sukarela google akan mempromosikan situs Anda 24 jam sehari.
Bagaimana caranya supaya situs Anda ngetop di Google?
Jawabannya adalah Search Engine Optimization atau SEO. Anda harus mempelajari SEO dengan serius.
Salah satu caranya adalah dengan sering mengupdate isi website Anda, dengan tulisan-tulisan artikel baru.
Semua kata dalam setiap artikel berpotensi mendatangkan kata kunci bagi Google.

Jadilah Ahli
Untuk mengatasi permasalahan dan mendapatkan solusinya, orang akan mencari jawaban dari mereka yang ahli. Jadi sebaiknya anda membuat situs/blog berdasarkan bidang yang anda kuasai dan jangan lupa untuk selalu update kemampuan anda, sehingga kebutuhan pengunjung dapat terus-menerus terpenuhi.

Jangan Biarkan Mereka Pergi
Sebagian besar pengunjung situs hanya akan mengakses situs anda selama beberapa menit. Setelah itu mereka pergi dan tak kembali lagi. Maka usahakanlah mereka berlama-lama di situs anda atau mau kembali ke situs anda.
Ada beberapa cara, diantaranya:
Pembuatan Newsletter gratis, mereka yang membutuhkan info akan dengan sukarela mendaftarkan email mereka. Mereka ini adalah calon konsumen potensial, selama anda memberikan newsletter yang bermanfaat.
Rajin meng-update content
Situs yang interaktif, jadi pengunjung dapat berpartisipasi secara aktif di dalam situs anda. Sediakan fasilitas forum diskusi, polling dan lain-lain yang memungkinkan pengunjung ikut meramaikan situs anda.

Hindari SPAM
Spam adalah cara beriklan yang tidak etis tidak disukai dalam dunia internet. Seorang pelaku spam akan mengirim email berulang-ulang dengan isi yang sama, kepada siapa saja secara acak dan di mana saja secara acak pula.

Beriklan Lewat Artikel
Banyak orang tidak suka membaca iklan, jika mereka tidak benar-benar sedang mencari sebuah produk. Kenyataannya banyak pebisnis online mengisi websitenya hanya dengan iklan.
Kemungkinan besar situs ini tidak akan dilirik oleh pengunjung. Maka ada baiknya bila Anda mempertimbangkan untuk lebih sering membuat artikel iklan. Caranya dengan menulis artikel biasa tentang sesuatu hal yang menarik dan bermanfaat, lalu secara halus menempatkan link yang mengarah ke produk online Anda.

Bangunlah Komunitas
Forum diskusi dan mailing list adalah sarana yang efektif dan populer dalam membangun komunitas. Bila komunitas yang kuat sudah terbentuk, maka ini adalah target marketing yang sangat potensial.

Bangunlah Sistem Affiliasi
Atau disebut Affiliate marketing, pengertiannya sama dengan agen di dunia offline, yang membantu menjualkan produk/jasa orang untuk mendapatkan komisi.

Testimoni
Promosi paling efektif ternyata adalah promosi yang paling primitif dan paling tua: PROMOSI DARI MULUT KE MULUT
Maka sangat penting untuk menampilkan testimoni (kesaksian atau komentar) dari konsumen yang telah memakai produk Anda.

0 comments:

Post a Comment