Pages

Thursday, October 1, 2009

Desain Grafis (Graphic Design)

Desain grafis adalah salah satu bentuk dari ilmu seni rupa terapan. Dalam prosesnya desainer atau perancang diberikan kebebasan untuk memilih, menciptakan dan mengatur unsur-unsur rupa dasar seperti garis, warna, bidang, tekstur, value serta bekerja berdasarkan prinsip-prinsip dasar desain diantaranya adalah keseimbangan, irama, penekanan, nuansa, keselarasan, perbedaan dan kesatuan.
Desain grafis adalah sebuah proses kreatif yang mengkombinasikan seni dan teknologi dalam mengkomunikasikan gagasan. Desainer juga bekerja dengan didukung beberapa aspek lain seperti pemahaman dalam mengorganisasikan proses kreasi dan memiliki kemampuan dalam menyampaikan atau menangkap pesan. Pesan-pesan tersebut diolah oleh desainer dalam sebuah karya yang bertujuan untuk diproduksi atau dikomunikasikan melalui berbagai media. Desainer bekerja dengan seperangkat ‘alat’ untuk menyampaikan pesan yang berasal dari sumber pesan kepada audience. Pada jaman modern ini beberapa perangkat yang digunakan antara lain gambar, ilustrasi, lukisan, photography, huruf, angka, grafik dan atau image yang telah digabungkan dan diolah oleh beberapa aplikasi komputer. Desainer membuat, memilih dan mengorganisasikan sebagian atau semua element dan perangkat tersebut ke dalam sebuah bidang yang dinamakan “white space” dan selanjutnya disampaikan kepada khayalak sebagai sebuah media komunikasi. Desain grafis umumnya diterapkan dalam dunia periklanan, packaging, perfilman, dan lain-lain.

Kategori Terapan Desain Grafis
Secara garis besar, penerapan desain grafis mencakup beberapa kategori:
  1. Printing (Percetakan) yang memuat desain buku, majalah, poster, booklet, leaflet, flyer, pamflet, periklanan, dan publikasi lain yang sejenis.
  2. Web Desain, desain untuk halaman web.
  3. Film termasuk CD multimedia.
  4. Identifikasi (Logo), EGD (Environmental Graphic Design), termasuk desain arsitek dan desain industri.
  5. Desain Produk.

Program Aplikasi Pengolah Grafis
Sesuai dengan kemajuan teknologi, terutama penggunaan komputer sebagai alat bantu, maka dibuat beberapa program aplikasi yang telah disesuaikan dengan kategori terapan desain grafis tersebut, diantaranya untuk:
Aplikasi Pengolah Tata Letak (Layout). Contoh: Adobe PageMaker, Quark Xpress, Microsoft Publisher
Aplikasi Pengolah Vektor/Garis. Contoh: Adobe Illustrator, CorelDraw, Macromedia Freehand
Aplikasi Pengolah Gambar/Pixel. Contoh: Adobe Photoshop, Corel Photo Paint, Macromedia Xres
Aplikasi Pengolah Film/Video. Contoh: Adobe After Effect, Ulead Video Studio, Pinnacle
Aplikasi Pengolah Multimedia. Contoh: Macromedia Flash, Macromedia Director, Multimedia Builder

sumber: infokomputer, wikipedia, agesvisual, about.com

0 comments:

Post a Comment