Pages

Tuesday, October 13, 2009

Jenis Pekerjaan Online yang Bisa Mendatangkan Uang

Selain yang sudah pernah disampaikan pada posting sebelumnya, ada banyak pilihan pekerjaan lain yang bisa anda lakukan di internet dan jika digeluti dengan serius dapat mendatangkan sukses. Diantaranya:

Jasa membuat blog dan situs web.
Anda bisa tawarkan kemampuan anda membuat blog dan situs web pada perusahaan, institusi, atau organisasi. Cari informasi disekeliling anda, temukan perusahaan, institusi (biasanya yang masih baru) dan memerlukan jasa anda, anda bisa coba dekati dan tawarkan keahlian anda.

Konsultan SEO.
Saat ini internet makin penuh dengan melimpahnya situs web, search engine optimization (SEO) menjadi penting agar situs web menjadi nomor satu di halaman depan search engine. Anda bisa tawarkan keahlian SEO anda dengan menjadi konsultan SEO.

Konsultan blog
. Memberikan saran kepada klien mengenai konsep suatu blog, brand seperti apa yang cocok untuk blog tersebut, strategi bloggingnya bagaimana, dst. Agar sukses sebagai konsultan, anda perlu membangun reputasi terlebih dahulu. Sehingga calon klien, tidak akan ragu meminta saran anda.

Jual beli situs web/blog.
Kalau anda jago membenahi sebuah situs web/blog, anda bisa buat blog baru, lalu benahi sampai mendatangkan banyak traffic, lalu jual. Anda buat blog lagi, benahi lagi, dan jual. Begitu seterusnya.

Web designer.
Biasanya pekerjaan mendesain web termasuk di dalam jasa pembuatan situs web. Tapi kalau anda hanya punya keahlian khusus pada bidang ini, anda bisa menawarkannya secara terpisah. Mungkin saja ada klien yang tidak puas dengan desain webnya saja. Atau bisa juga para penyedia jasa pembuatan situs web sedang butuh web designer khusus. Yang perlu disiapkan adalah portofolio desain situs web buatan anda.

Web developer dan programmer.
Seperti halnya menjadi web designer, kalau anda memang punya keahlian khusus untuk web development dan programming, anda bisa tawarkan keahlian itu secara online. Termasuk juga jika anda memiliki keahlian membuat game komputer, video tutorial atau multimedia.

Illustrator dan desainer grafis.
Tawarkan keahlian anda itu secara online. Lengkapi juga dengan berbagai contoh hasil desain/ilustrasi anda.

Fotografer dan juru kamera.
Kalau anda pintar memotret atau mengambil gambar (shooting) dengan kamera, anda bisa juga tawarkan keahlian anda ini lewat internet. Tentu anda perlu membangun jaringan seluas-luasnya.

Ahli komputer.
Kalau anda ahli dalam bidang komputer, baik mengenai hardware, software, operating system, anda bisa tawarkan keahlian itu. Kalau ada yang kebingungan karena komputernya error, bisa menghubungi anda.

Kursus Online.
Anda pintar memasak, bermain musik atau menguasai bahasa asing tertentu, anda bisa menawarkan jasa kursus secara online. Anda siapkan terlebih dahulu modul-modulnya, baik berupa e-book, video training/tutorial dsb.

Berinvestasi Online.
Jika anda memiliki pengetahuan dan pengalaman dalam bidang investasi, anda dapat membuat situs investasi online.

Bisnis Artikel.
Anda dapat membuat situs yang menyediakan artikel-artikel gratis, yang dapat digunakan oleh pengguna internet. Keuntungan anda peroleh dari iklan pada situs anda. Anda juga dapat sekaligus menyediakan jasa penulisan artikel, atau sebagai perantara antara penulis jasa artikel dan mereka yang membutuhkannya.

Banyak pilihan pekerjaan yang bisa anda lakukan dengan memanfaatkan internet. Jangan takut, sekalipun penawaran keahlian, jasa, atau produk yang anda miliki belum pernah anda lihat di internet, bukan berarti tak ada pasar dan permintaannya kan?

0 comments:

Post a Comment