Pages

Monday, September 28, 2009

Mendapatkan Penghasilan Tambahan Melalui Google Adsense

Apakah Itu Google Adsense?
Google AdSense adalah sebuah program affiliate untuk para pemilik situs bisa mendapatkan penghasilan tambahan.
Google akan membayar kita untuk setiap traffic atau pengunjung atau prospek yang kita kirimkan ke situs orang lain (si pemasang iklan).
Sederhananya, selama ini banyak orang hanya mengenal Google sebagai Search Engine atau 'situs pencari' yang alamatnya di: www.Google.com. Ternyata selain itu, google sebenarnya memiliki service lain yang berbeda! Yaitu Google Adwords dan Google Adsense.
Google Adwords adalah salah satu layanan Google untuk para pebinis atau marketer agar bisa memasang iklan di 'jaringan' Google.
Mereka membayar Google dengan jumlah tertentu untuk 'setiap klik' pada iklan mereka.
Sekarang, apa hubungannya antara Adwords dengan Google Adsense?
Kini Kita sudah tahu, Google menerima pemasangan iklan dari marketer online. Google 'dibayar' oleh si marketer untuk setiap 'klik' (Satu klik dianggap Google sebagai satu 'prospek') yang dikirimkan ke situs si marketer pemasang iklan.
Kenapa 'klik' dibilang 'Prospek'? Begini.. kalau Kita atau orang lain mengklik sebuah iklan Adwords, Kita akan di bawa kemana? Tentu saja ke situs si pemasang iklan, bukan?
Pada saat Kita datang ke situs itu, berarti Kita adalah 'prospek' mereka.
Nah, untuk itu Google dibayar, karena dia telah mengirimkan "Kita" (dalam hal ini Kita telah menjadi 'prospek') ke situs si pemilik iklan!
Sekarang hubungannya dengan Google Adsense adalah...
Google sadar, meskipun dia merupakan salah satu 'Mesin Pencari' favorit untuk kebanyakan orang yang pergi online di seluruh dunia, tapi dia tahu, di luar sana masih banyak orang yang suka mencari informasi lewat situs-situs lain! Seperti ke Yahoo.com atau MSN.com, atau juga tempat-tempat lain! Dan di sana mereka tidak akan melihat 'Adwords'.
Oleh sebab itu, Google membuka kesempatan kepada para pemilik situs untuk 'membuka ruang iklan' bagi si pemasang Adwords!
Dan Google akan memberikan kita % untuk setiap 'klik' alias 'prospek' yang kita berikan pada si pemasang adwords melalui 'traffic' atau pengunjung situs kita!
Kenapa kita dibayar? Kita dibayar atas jasa 'memberi prospek' pada pemasang iklan!
Berapa kita dibayar? Jumlah komisi dari setiap klik yang akan kita terima itu berbeda-beda! Tergantung dari biaya per klik yang dibayarkan oleh si pemasang iklan pada Google! Dan kita tidak akan pernah tahu!
Ada banyak Marketer yang mengira Google membaginya 50-50, ada juga yang mengatakan 40-60. Jadi bila si pemasang Adwords berani membayar Google $1 untuk setiap kliknya, dan ternyata klik itu datangnya dari situs kita, maka kemungkinan kita akan mendapatkan antara 40 cents, 50 cents atau 60 cents untuk satu klik tersebut!
Yang jelas komisi untuk setiap klik pasti berbeda. Bisa saja kita hanya mendapatkan 5 cent untuk setiap klik nya, mungkin juga $5 untuk setiap klik! Semua tergantung dari berapa besar si pemasang iklan membayar Google untuk Adwords-nya!
Cara kerja Google Adsense sangat mudah!
Kita hanya perlu memasukan script AdSense atau 'kode Adsense' pada website kita, kemudian Google akan menampilkan iklan yang berhubungan dengan isi website kita secara otomatis!
Misalnya saja, situs kita mengulas tentang 'Computer Hardware', maka iklan yang akan muncul pasti ada hubungannya dengan 'Computer Hardware'.
Dengan kata lain, kita tidak perlu repot-repot untuk menentukan atau pun memberi tahu Google iklan apa yang harus tampil di situs kita. Karena 'kode Adsense' yang kita tempatkan di situs kita akan bekerja seperti 'robot'. Dia bisa 'membaca' apa ISI situs kita. Dan lalu dia akan menyesuaikan iklan yang tepat untuk situs kita!

0 comments:

Post a Comment